Cara Membuat Bakso Ayam Gurih Dan Kenyal

Membuat sesuatu itu memang gampang, termasuk membuat bakso ayam gurih dan kenyal. Beragam bakso dapat dibuat dengan beraneka ragam bahan sesuai dengan keinginan. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat bakso ayam kenyal dan lezat. Berhubung harga ayam relatif murah jika dibandingkan dengan harga sapi, maka saya memilih daging ayam untuk menjadi bahan dasar pembuatan bakso. Anda juga boleh mengikuti langkah demi langkah cara membuat bakso ini jika anda khawatir dengan bakso yang dijajakan di luar. Karena terkadang ada penjkual bakso yang curang mencampurkan bahan- bahan yang dilarang, misalnya boraks atau bahan kimia yang lain yang berbahaya bagi kesehatan. Cara membuat bakso ayam gurih dan kenyal tidaklah sulit, berikut langkah- langkahnya:

Bahan – Bahan :

1. 500 gram daging ayam
2. 125 ml air es
3. 1 sendok makan kecap ikan
4. 2 sendok makan tepung meizena
5. 1-3 sendok teh garam atau secukupnya
6. ½ sendok makan gula pasir
7. ¼  baking soda
8. ½ sendok teh merica bubuk
9. ½ sendok makan minyak goreng.

Bahan – Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso :

1. 2 liter air rebusan kaldu ayam
2. 1 sendok teh merica bubuk
3. 2 sendok teh kaldu bubuk
4. Daun bawang secukupnya
5. 2 sendok makan kecap ikan
6. 5 siung bawang putih (haluskan)
7. Garam secukupnya
8. Bawang merah goreng

Cara Membuat Bakso Ayam Gurih Kenyal:

1. Cincang daging yang tadi sudah anda siapkan, kalau bisa gunakan saja food processing.
2. Tambahkan kurang lebih 5 sendok makan air es, secara sedikit demi sedikit sampai dagingnya menggumpal. Tampung     daging dengn mangkuk atau wadah lainnya.
3. Tambahkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula. Kaldu bubuk, baking soda, merica bubuk, tepung meizena, dan               minyak goreng kedalam mangkuk daging, aduk – aduk sampai rata.
4. Sediakan wadah yang berisi air es yang cukup banyak. Bantingkan adonan ke wadah tersebut selama kurang lebih 10     kali, sampai adonan lembut dan kenyal.
5. Sekarang siapkan, mangkuk yang sudah dilapisi plastic pada alasnya. Letakkan adonan tadi pada mangkuk tersebut         dan masukkan kedalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menit.
6. Siapkan air dalam wajan dan rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan apinya.
7. Ambil adonannya, buat gumpalan adonan dengan menggunakan tangan sampai bentuknya sedikit bulat, dan ambil           dengan sendok setiap adonan yang keluar dari genggaman anda, lalu masukkan kedalam air rebusan wajan.
8. Rebus terus bakso sampai matang. Biasanya bakso yang sudah matang akan mengambang dan jika dibelah bagian         dalamnya daging sudah tidak lagi bewarna pink (merah muda).
9. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Kuah Bakso Yang Enak :

1. Tumis bawang putih dengan sampai tercium bau harumnya.
2. Sekarang masukkan air, tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk, dan kaldu ayam pada wajan sampai                   mendidih.

Bakso ayam gurih kenyal siap disajikan dalam mangkuk dengan ditambah bahan pelengkap seperti seledri, bawang goreng dan lainnya, kemudian siram dengan kuahnya. Sekarang sudah tidak khawatir lagi untuk menikmati bakso lezat dan gurih. Semoga anda bisa mempraktikan cara membuat bakso ayam gurih dan kenyal ini di rumah. Sebelum kita selesai, ada satu informasi yang amat berguna bagi kita. Barangkali informasi ini berhubungan dengan informasi sebelumnya barangkali juga tidak.

Jumlah transaksi Online hanya di Indonesia Saja selama 2012 adalah, sebesar 126 Triliun Rupiah. Meningkat 2 X lipat di bandingkan sebelumnya menurut Meteri Pariwisata dan ekonomi kreatif saat itu Ibu Mari Elka Pangestu dan Tentu saja tahun ini pasti sudah jauh lebih besar. Siapakah yang beruntung karena hal itu? Tentu saja mereka yang telah memiliki Website lebih dulu dari anda. Ternyata jika kita mampu membuat website sendiri biaya yang dikeluarkan persatu website hanya 25 RIbu rupiah Perbulan. Anda bisa punya 10 website sekaligus dengan biaya murah

Untuk Menguasai website dalam waktu singkat diperlukan tempat Kursus website terbaik yang telah dipercaya ratusan perusahaan ternama, peraih ratusan penghargaan dan memiliki murid lebih dari 10 ribuan orang. Jika mau tau klik saja “tempat kursus web terbaik ini”.



(rahel)



Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+
07 November 2016
Admin