dr. Tunggul Birowo, M.H
Direktur StellarHR a Member of Altia Consulting Group and Premysis Consulting

Detil Profil
  15 sedang online

Konsultasi Dokter Umum Dewasa dan Anak

   
Sebutkan Tinggi, Berat Badan dan Usia. Jika anda ingin mendapatkan analisa kesehatan
dari Dokter dengan lebih lengkap. Bisa juga sedikit menceritakan riwayat penyakit anda

Ketentuan Bertanya 
1. Pertanyaan Pasti di jawab maksimal dalam waktu 2 X 24 jam dari anda Bertanya
2. Pastikan Pertanyaan Anda Lengkap dan RInci
3. Untuk Pertanyaan Bersifar "pribadi" dan tidak Ingin diketahui Orang, jawaban Master datap di seting agar HANYA terbaca oleh Anda
4. Anda Dapat Menyembunyikan Identitas Anda, Jika diperlukan (tentu saja "Master" tetap dapat mengetahui Nama Anda.
5. Kami Menyarankan, agar "jawaba" dari Master di tampilkan dan dapat di baca member lain.

Silahkan bertanya sekarang

2016-12-19 14:51:06
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

berat badan 41, tinggi 145, umur 14 thn , kenapa lutut saya sering sakit
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-12-14 15:34:42
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

selamat sore dokterr usia saya masih 18 dok saya sering banget punya keluhan di bagian dalam itu sering terasa seperti kram gitu dok trus kalo bernafas malah tambah sakit dok itu kira kira knapa ya dok? trimakasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-08-20 20:52:15
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

dok kenapa saya terlalu sering menagis apabila bertanya kpd gurupun saya juga menagis guru saya mengatakan saya phobia tapi saya merasa tidak bagaimana dok?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-07-16 09:24:18
0 Komentar

oktiasiwiputri

dok jika sudfah berumur 19 tahun apa masih bisa tinggi lagi ?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-07-11 09:00:13
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Tinggi saya 150cm, berat badan 40kg, umur saya 17 th. Apakah badan saya ideal, dok? Apakah masih bisa tinggi lagi? Caranya seperti apa dok? Terima kasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-07-11 08:58:40
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Tinggi saya 150cm, berat badan 40kg, umur saya 17 th. Apakah badan saya ideal, dok? Terima kasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-05-20 08:58:10
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Umur saya 24 tahun. Tinggi 165 cm dan berat 52 Kg. apakah badan saya sudah termasuk ideal ya Dok?? apalagi yang harus saya lakukan agar tubuh saya ideal?? terima kasih dok ..
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-05-19 00:23:02
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Selamat malam Dokter Tunggul Birowo. saya seorang cowok nih, usia saya 18 tahun, tinggi saya hampir 165 cm. tapi berat saya hanya 40 Kg. itukan udah termasuk kategori kurus banget ya dok? Lah gimana nih, saya inginnya badan saya lebih berisi dok. Bagaimana sih pola makan dan makanan apa saja yang harus saya konsumsi? Jujur saja saya sangat kurang PeDe dengan penampilan saya kurus seperti ini dok. Makasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-05-03 13:50:24
0 Komentar

Widiasih Kd

bagaimana cara belajara singkat tapi jelas
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-05-02 15:22:26
0 Komentar

Wawan Sutrisna

Salam dr. Tunggul. setiap saya kena radang badan saya pasti langsung kena demam, disusul batuk. dan kalau udah kena batuk, itu suka lama banget sembuhnya (bisa 2 minggu lebih) dan gatel di tenggorokannya itu luar biasa dok. saya memang suka minuman dingin dan gorengan, tapi saya jarang konsumsi itu. saya juga emang jarang olah raga, tapi saya pikir olah raga saya bisa digantikan dengan aktifitas saya beberes rumah karena sama-sama mengeluarkan tenaga dan keringat. jadi gimana ya dok supaya saya tidak sensitif terhadap makanan yang berminyak dan dingin sehingga saya tidak langsung terkena radang yang bisa mengakibatkan saya demam dan batuk pilek?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-04-26 15:29:38
0 Komentar

JUWITA KURNIASIH

Selamat sore dokter, saat ini saya berusia 21th, BB 39Kg dan Tinggi 159cm, saya mengalami sakit maag sudah sejak lama, hanya saja beberapa tahun ini saya merasakan semakin parah, dimana setiap kali maag saya kambuh perut saya rasanya sakit sekali, kembung, dan merasa seperti ada makanan yg tersangkut/mengganjal dileher saya rasanya sangat tdk nyaman saya jd sangat sering bersendawa ktika saya minumin air putih banyak dengan tujuan mkanan yg trsangkut supaya msuk perut dan tdk mngganjal dileher saya justru muntah, saya sering mngalami hal trsebut, kdang jg ulu hati saya rasanya sakit mengganjal ujung2nya mkan ap2 muntah, saat ini saya sudah tdk mengonsumsi susu, mkanan bersantan, buah2an yg masam,. dr yg saya baca di internet keluhan sya trsebut gejala GERD, apakah betul dokter? karna saya bbrapakali ke dokter jawabny cuma sakit maag bgitu saja... saya juga sering mrasa kelaparan hebat tengah malam rasany perut sampe nyeri pdhal saya sudah mkan akhirnya saya tidak tidur smalaman nyemil pun rasanya tetap, dokter tempat saya bilang lapar mkan saja smentara mnurut informasi yg saya dengar slama ini mkan tengah malam tdk baik krna kinerja lambung sdang melemah. trimakasih dokter :)
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-04-19 22:44:43
0 Komentar

Putri cahyaningsih

Malm dok, mau tanya Kenapa ya menambah brrat bdan susah bgt ? Makan sudah teratur tp blm ada perubahan Faktor genetik kah ? Umur 21, tb 155 bb 41
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-04-05 15:03:19
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Selamat siang dr. Tunggul Birowo, Tinggi badan saya 162cm dengan berat 45 kg. Saya ingin sekali menaikkan berat badan saya dikarenakan tergolong kurus. Akan tetapi saya memiliki riwayat asam lambung. Sekarang ini saya sudah membiasakan diri untuk sarapan. Terkadang masih terasa asam lambung di bagian dada dan terasa penuh hingga bernapas terasa berat. Makan juga tidak terlalu berselera dan tidak bisa banyak. Terkadang ada perasaan malas makan. Bagaimana cara agar bisa termotivasi untuk menambah berat badan dengan kondisi seperti ini ya dok. Lalu untuk check up darah lengkap apakah lebih baik disertakan rontgen dada? terima kasih sebelum dan sesudahnya.
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-03-26 19:08:36
0 Komentar

rinaagustina

Fok saya ingin bertnya bgai mna cara mengatasi pembuluh darah yang pecah biar darah lancar n ada benjolan trimakasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-03-21 10:28:51
0 Komentar

meli

Dok saya ingin bertanya di kaki saya terdapat benjolan,setelh di periksa ktanya pembuluh darah pecah dan ketika saya agkat kaki saya lebih tinggi dari jantung benjolan itu hilang, setelah di turunkan bbrpa saat benjolan tersebut kebali,apa penyakit yang saya derita dan bagaimana cara menyembuhkanya
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-03-16 20:51:06
0 Komentar

yanuar yogi

Dok , bagaimana cara menyembuhkan flat foot dan apakah flat foot bisa sembuh ? kira-kira berapa lama untuk penyembuhanya? terima kasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-03-12 16:16:41
0 Komentar

kethy inriani

bagaimana cara mengatasi kista asteroma terinfeksi?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-03-08 14:27:21
0 Komentar

yanuar yogi

Dok ,kan saya terkena flat foot bagaimana penyembuhanya? dan berapa lama waktu sembuhnya?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-02-17 22:46:06
0 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

selamat malam dok,, saya mau tanya, tangan kiri saya kenapa terasa perih di daerah telapak tangan, ketika jari di elus juga terasa perih seperti lecet tetapi tidak ada luka nya dok, mohon jawabanya dok kira2 kenapa? terima kasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-02-16 14:49:26
0 Komentar

Bahtera Musa L.Tobing

selamat sore dr. Tunggul Birowo, M.H, saya mau tanya apakah penyakit stroke itu merupakan penyakit turunan? dan bagaimana pencegahan awal agar saya tidak terkena sakit stroke? dan pola makanan yang bagaimana yang seharusnya dilakukan oleh saya agar terhindar dari penyakit tersebut dan penyakit kronis lainnya ....? Tinggi =180, Berat Badan=89, Usia=33
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-02-03 20:55:20
2 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Selamat malam dr. Tunggul, saya mau tanya kenapa ya kalau saya keluar rumah itu mudah flu, tapi kalau di rumah tidak flu sama sekali? Cara menghilankannya gimana?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-02-16 20:15:42

dr. Tunggul Birowo, M.H

salam,

Hal ini menunjukkan bahwa saudari sensitif terhadap bahan atau zat yang membuat alergi terhadap tubuh saudari. pencegahannya adalah menghindarkan kontak dg bahan yang menimbulkan alergi seperti debu, atau menggunakan pelindung hidung sebagai penyaring kotoran.

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-02-16 22:22:40

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Dok. Apakah itu masih termasuk penyakit ringan? Soalnya pada saat saya keluar malam pun flu.
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-01-26 04:49:04
1 Komentar

Yanti Rachmawati, S.Pd.

Selamat Pagi, Dokter. Saya berusia 26 tahun, tinggi 160cm, berat badan 54kg. Beberapa waktu yang lalu, saya dimintai tolong untuk model perawatan wajah menggunakan alat PRP. Ketika diambil darah, darah saya tidak bisa keluar. Dicoba di berbagai tempat, kalaupun akhirnya keluar, termasuk sedikit darah yang didapat. Ketika darah itu dimasukkan ke dalam alat PRP, juga dinyatakan darah tersebut rusak, tidak bisa terpisah antara plasma darah, dsb. Dokter yang mengambil darah, menyarankan saya untuk check up dan mengatakan kalau saya mengalami darah kenal dan bisa membahayakan ketika suatu saat nanti saya hamil. Tapi saya belum sempat check up. Saya juga termasuk memiliki tekanan darah rendah tapi saya merasa keseharian saya baik2 saja. Bagaimana analisisnya? Terima kasih.
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-01-26 10:47:17

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam, Berdasarkan analisa saya dari keterangan yang saudari kemukakan, sepertinya saudari mengalami kekentalan darah. akan tetapi untuk menentukan hal tersebut, saudari sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam yang memahami masalah hematologi. Beberapa kondisi tertentu seperti kehamilan, membutuhkan kondisi fisik yang prima, sehingga saran saya sebagiknya saudari melakukan cek kesehatan secara keseluruhan untuk memastikan faktor resiko yang mungkin terjadi. Terimakasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-01-20 20:48:23
1 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

selamat malam dok, umur saya 23, bb kurang lebih 53, tb 178. kenapa setiap bangun tidur pergelangan tangan saya lemas banget dan kepala bagian saya kaya pegal gitu, di belakang kepala saya ada benjolan kecil lembek tapi ketika di tekan tidak sakit tapi kadang bikin pegal.
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-01-25 11:17:08

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Selamat siang,

mohom maaf baru bisa membalas, Tangan sebelah mana yang terasa lemas? apakah selalu lemas setiap pagi? Kepala bagian mana yang terasa pegal? apakah lehernya yang terasa pegal?

mohon lebih spesifik. Terimakasih.

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-01-12 09:21:26
1 Komentar

Anonim (User memilih mode Sembunyikan Identitas)

Selamat pagi dr. Tunggul. Saya memiliki tinggi badan 171cm, berat badan 57kg, usia 19th. Saya didiagnosa sakit edema cerebri, apakah penyakit itu bisa sembuh, dok? Lalu, apakah ada pantangan makanan atau sebab khusus yang menyebabkan penyakit tersebut kumat? Saya sudah pernah menanyakan kepada dokter saya, tetapi beliau hanya tersenyum. Terima kasih.
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2016-01-16 06:47:28

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Edema Cerebri merupakan suatu kelainan atau gejala yang dialami oleh otak kita. Dalam bahasa awamnya Edema Cerebri berarti pembengkakan otak, Sehingga Edema Cerebri merupakan gejala. Saya tidak bisa menjawab apakah bisa sembuh atau tidak karena kita harus tahu penyebab timbulnya Edema tersebut. Sebaiknya saudari berkonsultasi kembali kepada dokter yang memeriksa, kemudian mintalah saran apakah harus berkonsultasi kepada dokter yang lebih berkompeten. Sampaikan saja segala sesuatu yang saudari rasakan saat ini, sehingga dokter dapat memberikan gambaran apa yang saudari alami saat ini.

Terimakasih

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-30 13:54:00
1 Komentar

Karlina Rahmi

siang dok, mau tanya cara mendeteksi ciri-ciri atau gejala penyakit jantung sejak dini ? saya pernah beberapa kali diurut / dipijat gara-gara jatuh atau keseleo, dan tiap kali diurut saya merasa lemah pandangan nanar dan berhampir pingsan, kata tukang urutnya jantung saya lemah bisa dilihat di telapak kaki saya yang memang juga lemah. oleh tukang urut saya disarankan sering jalan kaki ga pake alas kaki dan mulai lebih sering menkonsumsi kopi. bener ga dok ? tinggi badan saya 155 cm berat badan saya sekarang 50kg umur saya 26 tahun saya akui saya tidak teratur berolah raga, kalo sempat aja saya jalan atau lari-lari kecil. dari jaman saya sekolah saya juga ga pernah tahan untuk lari lebih dari 10 menit. sejauh ini saya tidak punya keluhan jantung atau sakit di daerah dada apa benar saya punya jantung yang lemah ? apa solusi sehat untuk menghadapi kondisi saya ? terimakasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-31 13:37:51

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

1. Ciri-ciri orang dengan gangguan jantung biasanya mudah lelah, kadang disertai sesak di dada, jika melakukan aktifitas agak berat mulai terasa sesak, pucat, kadang ada kebiruan, sesak nafas disertai keluar keringat dingin. ciri-ciri tersebut merupakan ciri-ciri subyektif.

2. Apa yang diungkapkan tukang urut tidak berdasar pemikiran ilmiah, saudari perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah ada gangguan pada jantung.

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-27 23:39:49
1 Komentar

M.SYAHLAN KALSABA

Pak bagaimana cara melakukan program menambah berat badan sehat, biar berat badan saya ideal dgn tinggi badan saya. terima Kasih Pak
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-31 13:01:30

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Terimakasih atas pertanyaannya, untuk menjawab pertanyaan saudara ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

1. Apa tujuan anda meningkatkan berat badan?

2. Apakah ada masalah dengan berat badan anda saat ini?

Untuk menambah berat badan biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi protein, namun demikian kenaikan secara alami akan lebih baik. Penambahan massa otot membutuhkan asupan protein yang tinggi. Saran saya makanlah makanan bergizi sesuai dengan anjuran, mudah-mudahan kenaikan berat badan dapat tercapai.

Like(1) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-07 22:19:10
1 Komentar

Andi Kurnia Danusaputra

Selamat Pagi Dr Tunggul, Saya Andi Umur 31, aktif berolahraga, tidak merokok. Beberapa waktu yang lalu saya test treadmill di suatu klinik, dan dari hasil diagnosa stress test tersebut hasilnya positive typical ischemia. Tekanan darah saya tinggi (140-150 / 90-100) Yang saya tanyakan, apakah hasil test treadmill sifatnya absolut? Apakah tidak terpengaruh kondisi badan, pada waktu itu treadmill nya cukup malam sekitar jam 9 malam. Dan apakah kondisi sepert ini wajib/diperlukan kateterisasi untuk mengetahui adanya penyumbatan pada pembuluh darah? (saya rutin cek kolesterol 1 taun sekali dengan hasil yang kurang baik total cholesterol saya dalam range 190 - 210). Tidak ada keluhan baik nyeri dada maupun sesak nafas. Hanya saja sejak smp sampai hari ini saya pernah 4x mengalami jantung berdebar-debar. (1x sempat mengeluarkan keringat dingin) ketika berolahraga. Olahraga saya basket, futsal, dan bulutangkis. Apakah jantung berdebar-debar seperti itu disebabkan oleh kondisi tubuh yang terlalu capek atau berhubungan dengan positifnya stress test treadmill tersebut ya dok? Terima kasih banyak atas jawabannya..
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-08 07:59:50

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Menentukan apakah ada suatu positive typical ischemia tidak hanya ditentukan dari hasil treadmill saja, tetapi harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan penunjang selanjutnya. Beberapa faktor yang saudara ungkapkan merupakan faktor resiko, seperti tekanan darah yang tinggi, gejala yang menyertai, dsb. Saran saya sebaiknya berkonsultasi kepada dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah untuk mendapatkan informasi yang akurat serta rekomendasi tindakan yang akan diambil selanjutnya.

Terimakasih.

Like(1) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-03 18:56:55
1 Komentar

kenapa ya saya sering lemas, padahal tidak sakit, dan sering pusing disertai rasa nyeri di kepala?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-12-04 20:39:40

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Mohon maaf sebelumnya nama, jenis kelamin, usia, pekerjaan mohon dapat disampaikan karena semua sakit yang diderita sangat berhubungan dengan usia, jenis kelamin, pekerjaan, termasuk lingkungan. Untuk menjawab pertanyaan saudara/i sya membutuhkan banyak informasi karena ruang lingkup yang terlalu luas.

Terima kasih

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-25 11:26:22
1 Komentar

sri agustina

Met siang dok,,, saya mau tanya nich knp yach dada sebelah kiri saya sering merasa nyeri seakan-akan ada beban,,wktu sy cek k'dokter katanya gak apa2 hsl rontgen paru2nya pun bagus,,, jadi kira2 penyakit apa tvch dok????
Like(1) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-25 11:58:53

dr. Tunggul Birowo, M.H

Jawaban dr. Tunggul Birowo, M.H hanya dapat di baca Oleh Penanya, dengan menggunakan Fitur "Sembunyikan Jawaban" . Andapun dapat menggunakan Fitur ini jika ingin menanyakan hal-hal bersifat pribadi

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 11:51:33
3 Komentar

Ayu Frastika

siang dok.. ingin bertanya penyembuhan diabetes dan darah tinggi secara alami dengan apa ya dok ? agar lebih aman..
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 15:13:42

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Saat ini Diabetes dan darah tinggi hanya dapat dikelola dalam rangka dikendalikan bukan disembuhkan. Pengobatan dengan obat-obatan masih merupakan upaya yang dianjurkan dan dapat dipertanggung jawabkan. pengendalian dimaksudkan adalah mengendalikan faktor resiko meningkatnya gula darah dan tekanan darah, dengan menekankan pada pola hidup yang dianjurkan. 

teimakasih

Like(1) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 16:19:49

Ayu Frastika

kira-kira untuk pola makan yang baiknya bagaimana ya dok ?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-25 12:02:08

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Pola makan yang baik adalah memakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh masing masing individu.

Pada orang sehat, pola makan 4 sehat 5 sempurna sudah cukup baik, namun dengan catatan bahwa pola hidup yang lain juga harus berimbang.

Terimakasih.

Like(1) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 11:24:04
1 Komentar

Sekar Arum

selamat pagi bp. dokter tunggul, saya mau bertanya , untuk imunisasi orang dewasa itu jenis imunisasinya apa saja dokter dan gunanya untuk apa ? , terus kalau mau imunisasi apakah di puskesmas pemerintahan atau dimana dok untuk mendapatkan imunisasi tersebut ?, terima kasih
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 15:05:56

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam, 

1. Hampir semua penyakit menular bisa dicegah dengan imunisasi, sehingga banyak vaksin yg beredar di Indonesia. Kebutuhan akan imunisasi disesuaikan dengan kebutuhan masing- masing individu. imunisasi digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit terutama penyakit menular. Namun penggunaan vaksin hanya berlaku untuk penyakit tertentu saja, misalnya vaksin influenza untuk mencegah penyakit influenza.

2. Saat ini imunisasi dewasa tidak ditanggung oleh pemerintah dalam pembiayaannya, sehingga belum tentu puskesmas menyediakan vaksin yang kita ingin kan. Saudari dapat mencari informasi di website satgas imunisasi dewasa.

terimakasih

Like(1) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 10:49:38
1 Komentar

Imel Dessyanti

selamat siang dok,,dijaman sekarang kan sudah banyak sekali imunisasi untuk anak diluar imunasi wajibnya. Yang mau saya tanyakan apakah itu wajib dok? sekarang anak saya sudah berusia 10 bulan, selain diluar imunisasi wajib, apa yg harus diberikan untuk anak seusia itu atau utk kelanjutannya? dan untuk dewasa imunisasi apa dok yang harus dijalankan? terima kasih dok atas waktunya
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 12:56:31

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

Pada prinsipnya, iminisasi yang diprogramkan pemerintahbyang disebit imunisasi wajib sudah memberikan perlindungan yang maksimal dan sudah disesuaikan dengan kondisi  penyakit yang ada di negara ini. 

Untuk menjawabertanyaan mengenai vaksin apalaginyang harus diberikan, jawabnya adalah tergantung dari kebutuhan dan bukan keinginan. misalnya kebutuhan di sekolah atau ada rencana bepergian, maka sebagai pencegahan harus memperhatikan penyakit yang kemungkinan terjadi ditempat tersebut.

terimakasih

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 09:54:44
1 Komentar

ndaru patma

Selamat pagi dr. Tunggul, saya mau tanya, beberapa hari ini saya sering sekali pusing. pusing dibagian kepela atas. tengkuk terasa kaku. apakah itu salah satu dari gejala darah tinggi atau sebaliknya? NB: kalau konsul dg topik yng lain boleh dok?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-23 12:45:43

dr. Tunggul Birowo, M.H

salam,

1. darah tinggi ditandai dengan pengukuran tekanan darah yang hasilnya melebihi nilai normal yang disebut dengan gejala pasti. sedangkan gejala tidak pasti berarti gejala yang bisa saja terjadi bisa juga tidak. gejala yg tetjadi pada saudari belum meupakan gejala darah tinggi. Kami perlu memperhatikan faktor-faktor lain yang memungkinkan terjadinya penyakit darah tinggi. 

2. Silakan anda konsultasi masalahnlain. terimakasih

Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-22 16:28:55
1 Komentar

Dinda Aldila Sari

Kenapa ya kaki sering kram, apalagi pas lagi tidur?
Like(0) Dislike(0)     
Reply      
2015-11-22 18:54:05

dr. Tunggul Birowo, M.H

Salam,

kram merupakan suatu kejadian  dimana terjadi kekejangan atau kekakuan otot setempat. Kram sering sekali terjadi pada atlit karena kerja otot yang berlebihan dan secara tiba-tiba. Namun kram dapat terjadi secara tiba tanpa aktifitas fisik yang berat seperti yang di alami Dinda. Penyebabnya adalah mungkin telah terjadi kekurangan asupan kalsium, sehingga mempengaruhi kerja otot.

Like(0) Dislike(0)     
Reply