Macam- Macam Sumber Dana Untuk Modal Usaha

Untuk memulai suatu usaha anda tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun anda tidak perlu bingung, dengan modal usaha anda. Karena bisa anda dapatkan dengan berbagai cara. Anggap saja Anda sudah menentukan jenis usaha yang ingin Anda jalankan, memiliki perhitungan yang matang terhadap untung dan rugi, serta telah menganalisis permintaan pasar. Anda juga sudah bisa berhitung jumlah investasi yang harus Anda keluarkan.  Untuk masalah modal usaha, anda bisa memilih cara memperoleh dana dari ketiga sumber dana berikut yang akan saya jabarkan untuk anda. 

1. Tabungan atau Investasi Pribadi. 



Sumber dana berupa uang ini meskipun terlihat mudah didapatkan, namun dalam praktiknya, seringkali sulit. Kadang keinginan dan semangat untuk berbisnis datang di saat dana pribadi yang dimiliki minim atau tidak ada sama sekali.  Namun, ada baiknya jika anda mempersiapkan sedini mungkin dana yang akan dipergunakan untuk memulai suatu usaha. Sehingga investasi/ tabungan pribadi anda bisa benar- benar membantu anda mendapatkan modal usaha untuk usaha anda. 

2. Pinjaman.



Sumber dana berupa uang ini bisa datang dari bank, pegadaian, atau fasilitas program pembiayaan yang seringkali diberikan oleh pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti program kemitraan dan bina lingkungan. Kementerian Pertanian, misalnya, memiliki program pembiayaan untuk usaha skala kecil menengah. Anda juga bisa melirik program pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, yang sering memberikan bantuan pinjaman berupa uang. Dalam meminjam uang di berbagai lembaga, seharusnya anda mempertimbangkan bunga dan angsuran. Sesuaikan dengan kemampuan membayar tagihan anda nantinya. 

3. Kemitraan. 



Sekarang ini disebut dengan angel investor. Anda mencari mitra pemilik modal untuk menjalankan ide-ide yang Anda miliki. Mitra ini bisa datang dari teman atau keluarga Anda, bahkan orang asing sekalipun. Asalkan, business plan yang Anda miliki memang menarik dan memiliki prospek yang besa. 
Demikian merupakan cara memperoleh/ sumber dana untuk mendapatkan modal usaha. Tanpa modal suatu usaha sulit untuk berdiri apalagi berjalan. Namun anda tidak usah berkecil hati. Lakukan beberapa alternatif lain yang sekiranya tidak memberatkan bagi anda. 
 
Sebelum kita selesai, ada satu informasi yang amat berguna bagi kita. Barangkali informasi ini berhubungan dengan informasi sebelumnya barangkali juga tidak.

Jumlah transaksi Online hanya di Indonesia Saja selama 2012 adalah, sebesar 126 Triliun Rupiah. Meningkat 2 X lipat di bandingkan sebelumnya menurut Meteri Pariwisata dan ekonomi kreatif saat itu Ibu Mari Elka Pangestu dan Tentu saja tahun ini pasti sudah jauh lebih besar. Siapakah yang beruntung karena hal itu? Tentu saja mereka yang telah memiliki Website lebih dulu dari anda. Ternyata jika kita mampu membuat website sendiri biaya yang dikeluarkan persatu website hanya 25 RIbu rupiah Perbulan. Anda bisa punya 10 website sekaligus dengan biaya murah

Untuk Menguasai website dalam waktu singkat diperlukan tempat Kursus website terbaik yang telah dipercaya ratusan perusahaan ternama, peraih ratusan penghargaan dan memiliki murid lebih dari 10 ribuan orang. Jika mau tau klik saja “tempat kursus web terbaik ini”.



(rahel)


Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+
01 November 2016
Admin